By | February 6, 2021
Rekomendasi Belajar Arduino Pemula

Bagi pemula yang baru terjun ke dunia arduino mungkin akan kebingungan terkait urutan belajar arduino yang tepat, tidak jarang juga di grup komunitas arduino ada yang bertanya seputar kelanjutan belajar arduino setelah blink lengkap.

Disini akan dijelaskan secara tuntas rekomendasi proyek belajar arduino yang tepat untuk kalian para pemula, dan pembahasanya akan dibahas secara tuntas setajam silet.

Baca Tutorial Lanjutan di anakkendali.com

Jika belum bisa memulai program arduino, silahkan baca terlebih dahulu artikel sebelumnya yang membahas terkait permulaan belajar arduino, mulai dari persiapan software hingga upload program ke board arduino.

Artikel ini bisa dikategorikan sebagai panduan belajar arduino bagi pemula untuk dapat memudahkan proses belajar.

10+ Rekomendasi Belajar Arduino Setelah Projek Blink

LCD merupakan modul display yang dapat menampilkan karakter dan berguna untuk menampilkan informasi seperti data sensor, status aktuator dan masih banyak yang lainya.

dengan LCD pengguna dapat mengetahui apapun yang diinginkan seputar informasi sistem kerja pada mikrokontroler yang dibuat.

sangat disarankan jika pemula untuk belajar antarmuka LCD 16×2 dengan arduino karena akan sangat bermanfaat untuk kedepanya.

Hampir kebanyakan sensor proses pembacaanya menggunakan analog dan digital input, meskipun beberapa ada yang menggunakan komunikasi SPI, I2C atau Serial.

jika materi terkait analog dan digital dimengerti, maka saya pastikan untuk membaca sensor dengan arduino pasti bisa untuk sebagian jenis sensor yang outputnya tegangan analog atau digital.

serial merupakan komunikasi yang paling sering digunakn pada arduino, seperti contoh mudahnya adalah penggunaan serial monitor.

ada banyak sensor yang bekerja dengan komunikasi serial seperti fingerprint, maka mempelajari komunikasi serial sangatlah penting bagi pemula, selain itu modul lainya juga banyak sekali menggunakan serial, salah satu contohnya adalah DFPlayer MP3 dan Bluetooth HC-05

Selain untuk antarmuka dengan perangkat lain seperti sensor komunikasi serial juga bisa diterapkan untuk komunikasi antar arduino atau antar perangkat mikrokontroler, seperti dengan ESP32, ESP8266, STM32 dan sebagainya.

  • Komunikasi SPI pada Arduino

Setelah bisa dan mengerti cara kerja komunikasi serial, kalian harus mengerti cara menggunakan komunikasi SPI pada arduino.

Komunikasi SPI juga banyak digunakan untuk antarmuka modul sensor atau lainya seperti sensor suhu, modul reader RFID dan modul lainya.

SPI juga sering digunakan untuk komunikasi antar arduino baik sebagai programmer atau komunikasi untuk kerjasama antar mikrokontroler.

  • Komunikasi I2C pada Arduino

Selanjutnya adalah komunikasi I2C, mungkin kalian lebih familiar dengan kata I2C karena menggunakan modul LCD I2C.

benar, modul LCD I2C adalah salah satu penggunaanya, tujuanya adalah untuk menghemat penggunaan pin digital yang diperlukan LCD 16×2.

komunikasi I2C merupakan komunikasi yang paling simple dibanding serial dan SPI dalam menggunakan kabel antar perangkat nya.

dan juga banyak sekali modul yang menggunakan komunikasi I2C sebagai metode antarmukanya seperti sensor mpu6050 atau sensor suhu untuk KOPIT 19 tipenya MLX berapa gitu (Tulisan ini ditulis ketika dunia dibodohi dengan adanya virus kolorna sensor suhu berbasis inframerah dirubah fungsinya menjadi alat deteksi virus :v)

Nah itulah temen-temen yang bisa saya sarankan untuk urutan belajar kalian dalam mempelajari arduino, jika sudah bisa atau mengerti poin-poin yang saya sebutkan diatas, selanjutnya kalian bisa mencoba berbagai proyek kecil sepert :

  1. Membuat Alat Pengukur Level Air
  2. Membuat Alat Pengukur Suhu Badan
  3. Membuat Alat Pengukur Tegangan dan Arus
  4. Kontrol Motor DC dengan PWM
  5. Kontrol Suhu dengan Heater dan sensor LM35
  6. Membuat jam digital dengan LCD 16×2
  7. Mengakses Modul LCD Oled 0.96
  8. Membuat alarm jam digital dengan LCD 16×2
  9. Membuat alat pendeteksi kebocoran gas
  10. Deteksi asap rokok berbasis SMS
  11. Membuat Alarm Kebakaran
  12. dan pikirkan sendiri yang lainya

Terimakasih sudah berkunjung, itulah artikel dari saya tentang proyek lanjutan setelah blink bagi pemula yang baru belajar arduino.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *